Categories
Vocabulary

Nama-Nama Hari Dalam Bahasa Inggris

Udah tahu kan nama-nama hari dalam Bahasa Inggris? Tapi yakin nggak, kalo cara bacanya udah bener? Yuk kita bahas, beserta contoh gimana cara pemakaiannya dengan benar di dalam kalimat.

Senin

Ejaan Bahasa Inggris : Monday

Cara membaca : ˈmʌndeɪ (mandey)

Contoh kalimat : I hate Monday. (Aku benci hari senin)

Selasa

Ejaan Bahasa Inggris : Tuesday

Cara membaca : ˈtjuːzdeɪ (chusdey)

Contoh kalimat : Tuesday is my favorite day. (Selasa tuh hari favoritku)

Rabu

Ejaan Bahasa Inggris : Wednesday

Cara membaca : wɛnzdeɪ (wensdey)

Contoh kalimat : See you on Wednesday. (Sampe ketemu hari Rabu)

Kamis

Ejaan Bahasa Inggris : Thursday

Cara membaca : ˈthərzdē (thesdey)

Contoh kalimat : Mom will come on Thursday. (Ibu bakal dateng hari Kamis)

Jumat

Ejaan Bahasa Inggris : Friday

Cara membaca : frʌɪdeɪ (fraydey)

Contoh kalimat : OMG, tomorrow is Friday! (OMG, besok hari Jumat

Sabtu

Ejaan Bahasa Inggris : Saturday

Cara membaca : ˈsatədeɪ (saderdey)

Contoh kalimat : Happy weekend, it’s Saturday! (Met akhir pekan, ini Sabtu loh)

Minggu

Ejaan Bahasa Inggris : Sunday

Cara membaca : ˈsʌndeɪ (sandey)

Contoh kalimat : Let’s go fishing on Sunday (Ayo mancing hari Minggu)

Dalam menyebutkan hari dan tanggal sebagai keterangan, kita harus menggunakan partikel “on”. Tapi kalau nama hari di dalam kalimat berfungsi sebagai objek, kita nggak perlu nambahin on. FYI, kalau nyebutin jam kita pakai “at”, sedangkan saat menyebutkan bulan dan tahun harus menggunakan “in”. Kita juga harus pakai huruf kapital dalam menuliskan huruf pertama dari nama-nama hari dan bulan.

Contoh:

  1. I always wake up every day at 5 a.m. (Tiap hari aku selalu bangun jam 5 pagi)
  2. She was born on January 15. (Dia lahir tanggal 15 Januari)
  3. The museum was built in 1982. (Musium itu dibangun tahun 1982)
  4. I love Sunday. (Aku suka hari Minggu) → objek
  5. We don’t work on Sunday. (Kita nggak kerja di hari Minggu) → keterangan waktu

Dalam satu minggu, nama-nama hari dibagi menjadi dua kelompok. Hari kerja disebut weekdays, yang terdiri dari Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, dan Friday. Sedangkan untuk akhir pekan biasanya disebut weekend, yang terdiri dari Saturday dan Sunday. Berikut contoh penggunaan kata weekend dan weekdays di dalam kalimat:

  1. I usually spend my weekdays in the office. (Biasanya aku ngabisin hari-hari kerja di kantor)
  2. What time do you start working on weekdays? (Jam berapa kamu mulai kerja di hari kerja?)
  3. Would you help me wash the car on the weekend? (Mau nggak kamu bantu aku nyuci mobil di akhir pekan?)
  4. I didn’t go anywhere on the weekend. (Aku nggak kemana-mana akhir pekan lalu)
  5. When will you be available for the interview? On weekdays or on the weekend? (Kapan Anda bisa interview? Di hari kerja atau akhir pekan?)

Itu dia nama-nama hari dalam bahasa Inggris beserta contoh kalimat dan penjelasannya. Have a nice day!