Categories
General ID

Kenapa kita harus belajar bahasa Inggris?

Pernah berpikir gak sih kenapa di jaman sekarang kita harus bisa berbahasa Inggris? Kenapa sih bahasa Inggris jadi begitu penting? 

Berikut kita akan membahas kenapa Bahasa Inggris menjadi sangat penting dalam kehidupan kita di era modern saat ini.

Bahasa Inggris adalah bahasa internasional

Faktanya lebih dari 60 negara di dunia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa resmi negaranya dan lebih dari 1 miliar penduduk bumi berbahasa inggris. Berbagai organisasi internasional yang ada di dunia juga menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utamanya seperti UNICEF, WHO, IMF, World Bank, dan lain-lain. Selain itu, bahasa Inggris juga digunakan sebagai bahasa dalam berbagai berita internasional. Sehingga jika kita bisa berbahasa Inggris, kita akan dapat mengakses informasi dengan cepat dan mudah.   

Bahasa Inggris juga bahasa yang paling umum digunakan dalam sejumlah perangkat aplikasi dan internet. Jika kamu perhatikan hampir semua aplikasi berbasis android maupun IOS menyediakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pada perangkat mereka. Ditambah, lebih dari setengah konten yang disajikan oleh internet juga dimuat dalam Bahasa Inggris. 

Lebih mudah mendalami pelajaran

Jika kalian seorang mahasiswa tentu sudah tidak asing lagi dengan jurnal atau literatur internasional. Ini sangat membantu dalam memperdalam materi atau bidang yang sedang kalian pelajari. Karena banyak internasional jurnal dan literatur yang dimuat dalam Bahasa Inggris. Kalian bisa mempelajari banyak hal dari jurnal atau literatur internasional yang valid dan kalian juga bisa selalu update dengan riset atau pembahasan saat ini.

Kesempatan untuk kuliah di luar negeri lebih besar

Bagi kalian yang ingin berkuliah atau melanjutkan pendidikan di luar negeri, Bahasa Inggris menjadi modal yang sangat penting untuk kalian miliki. Apalagi jika kalian berkuliah di perguruan tinggi yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Sebaiknya Bahasa Inggris sudah kalian kuasai dengan baik, karena kalian akan sibuk untuk mengejar nilai akademis terbaik supaya bisa diterima di perguruan tinggi luar negeri yang diimpikan. 

Bekal untuk memasuki dunia kerja

Setelah melewati dunia pendidikan, kalian harus menyiapkan diri untuk memasuki dunia kerja. Tidak jarang perusahaan mewajibkan kandidatnya udah menguasai Bahasa Inggris. Tidak sedikit perusahaan dalam negeri yang bekerja sama dengan perusahaan luar negeri, sehingga kalian dituntut untuk berinteraksi dengan dengan orang asing yang sudah pasti menggunakan Bahasa Inggris. Faktanya, dengan menguasai Bahasa Inggris akan menaikan harga jual kalian dan akan menjadi nilai tambah bagi perusahaan. Terlebih jika kalian ingin bekerja di luar negeri. Bahasa Inggris menjadi hal yang wajin untuk kalian kuasai.

Pede bepergian ke luar negeri

Siapa sih yang tidak ingin pergi keluar negeri? Hampir semua orang memiliki tujuan negara yang ingin dituju, atau bercita-cita ingin bepergian ke negara tertentu. Disini juga kita ditunut untuk dapat berbahasa Inggris apalagi jika negara yang kita tuju menjadikan Bahasa Inggris bahasa resmi mereka. Kita akan menggunakan Bahasa Inggris untuk membaca instruksi, bertanya sesuatu, membeli sesuatu yang mana akan sangat penting jika kita ingin bepergian ke luar negeri.

Jadi itulah beberapa alasan kenapa kita harus belajar Bahasa Inggris. Nah gimana apakah sudah mulai berpikir untuk belajar Bahasa Inggris? Apalagi tengah era globalisasi dan serba digital ini Bahasa Inggris menjadi Bahasa yang penting untuk kita kuasai. Semangat belajar!

By JB English

JB English adalah lembaga kursus bahasa Inggris profesional yang berlokasi di Bali Indonesia. Guru-guru kami sudah berpengalaman dan berkualifikasi untuk mengajar bahasa Inggris. Beberapa dari mereka sempat mengenyam pendidikan di luar negeri dan mengajar di sekolah internasional di Bali. Tertarik belajar dengan kami? Kontak via WhatsApp +6287 806 000 552