Categories
Vocabulary

Ucapan Belasungkawa Bahasa Inggris

Kalo ada teman kita yang berduka, udah seharusnya kita mengucapkan belasungkawa. Gimana ya cara ngungkapinnya dalam Bahasa Inggris? Ucapan belasungkawa ini bisa digolongkan menjadi ungkapan formal dan informal, seperti dalam contoh-contoh berikut ini.

Ungkapan belasungkawa dalam tanda tertulis

  1. Rest in peace (beristirahatlah dengan tenang)

Ungkapan ini sering kita lihat di pemakaman. Biasanya diukir di atas makam seseorang, atau ditulis di atas foto yang dipakai untuk acara pemakaman. Biasanya penulisannya disingkat menjadi RIP, dan diikuti oleh nama orang yang meninggal. Misalnya, Rest in Peace Jacqui, atau RIP Diana Jones.

  1. Rest in love (beristirahatlah dengan penuh cinta)

Nggak cuma rest in peace, kadang rest in love juga dipakai untuk fungsi yang sama. Ungkapan ini sering disingkat menjadi RIL. Kalau rest in peace lebih sering ditemukan di area pemakaman umum, rest in love biasanya digunakan untuk berbelasungkawa atas meninggalnya seorang publik figur. Misalnya saat seorang aktris ternama tiba-tiba meninggal dunia, para penggemarnya akan mengucapkan rest in love lewat media sosial. RIL sering kali diungkapkan dalam caption, tagar, atau kolom komentar.

  1. Deep condolences (turut berduka cita sedalam-dalamnya)

Tidak seperti RIP dan RIL yang hanya digunakan dalam tanda tertulis, deep condolences bisa dipakai dalam konteks tertulis maupun lisan. Deep condolences bisa ditulis di acara pemakaman, misalnya pada rangkaian bunga yang dipajang di depan rumah duka. Tapi kita juga bisa pakai kata ini untuk diucapkan langsung pada keluarga yang berduka. Misalnya, “Please accept my condolences” (tolong terima belasungkawa saya) atau “My deep condolences on your father’s passing. May you always be strong and steadfast.” (Turut berduka cita atas kematian ayahmu. Semoga kamu selalu kuat dan tabah)

Ungkapan belasungkawa secara formal

Berikut adalah contoh-contoh ungkapan belasungkawa secara formal. Konteks ini bisa terjadi saat kita mengucapkannya pada keluarga bos, guru, orang tua siswa, atau relasi bisnis. 

  1. We are mourning to hear of your loss. (Kami turut berduka atas kehilanganmu)
  2. I offer my sincerest condolences to you and your family. (Kami turut berduka padamu sekeluarga)
  3. Please accept our most heartfelt sympathies for your loss. (Terimalah ucapan duka kami yang paling tulus atas kehilanganmu)
  4. Please accept my deepest sympathies for your loss of your beloved. (Terimalah ucapan duka kami yang paling tulus atas kehilanganmu pada orang tercinta)
  5. We share your grief of bereavement with deepest sympathy and condolence. (Kami turut merasakan duka dan kehilanganmu setulus hati)

Ungkapan belasungkawa secara informal

Ungkapan belasungkawa informal bisa kita ucapkan pada teman, tetangga, atau kerabat dekat. Berikut contoh-contohnya.

  1. I am sorry to hear about your loss. (Aku ikut sedih mendengar kabar dukamu)
  2. May God give him/her a decent place. (Semoga Tuhan memberinya tempat yang baik)
  3. You and your family are in my prayers. (Kamu sekeluarga akan aku doakan selalu)
  4. I’m deeply sorry you’re having to go through this. (Aku ikut sedih kamu harus mengalami semua ini)
  5. My prayers are with you and your family during this difficult time. May the memories of your loved one bring you peace and comfort. (Doaku selalu menyertaimu sekeluarga selama masa-masa sulit ini. Semoga kenangan tentang orang terkasihmu memberi kamu ketenangan dan kebahagiaan)

Itulah tadi ucapan-ucapan belasungkawa yang bisa kita praktekkan sehari-hari. Semoga bermanfaat.