Categories
Uncategorized

Slang dalam Bahasa Inggris

Slang dalam bahasa Inggris sering kita dengar pas dengerin rap, nonton film, maupun percakapan sehari-hari penutur asli. Penasaran dengan slang apa saja yang sering digunakan? Yuk kita bahas.

Pendeknya, slang adalah kata-kata atau frase yang digunakan dalam situasi informal yang sering digunakan oleh penutur asli bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Kalau di Bahasa Indonesia contohnya “gaje”, “gabut”, “alay”, dan sejenisnya. Seperti contoh-contoh tersebut, slang cuma bisa dipakai dalam situasi yang santai, dan tidak bisa dipakai dalam percakapan formal.

Bahasa Inggris juga punya banyak banget ungkapan slang. Biar ngomong Bahasa Inggrisnya makin keren, kita perlu tahu nih slang Bahasa Inggris yang paling umum dipakai sehari-hari.

What’s up?

Sering kan denger temen kita nanya, “What’s up?” Ungkapan ini bisa berarti “apa kabar” atau “lagi ngapain”, bisa juga “ada apaan, nih?” What’s up diucapkan buat tanya kabar terkini, atau nanyain situasi yang sedang berlangsung. Kita bisa bilang “Hey, what’s up?” (Hey, ngapain? / Ada apa? / Apa kabar?) ke temen kita yang baru nongol, atau waktu ada keributan di jalan. Kata ini cuma bisa kita ucapkan ke teman atau rekan kerja, dan orang yang lebih muda atau sebaya.

I get it!

Daripada bilang “I understand” (Saya mengerti), mending diganti deh pake “I get it”. Artinya sama, tapi kesannya lebih keren dan anti kaku.

No biggie

No biggie adalah bentuk slang dari no big deal. Artinya sama kek “no problem”alias nggak masalah. No big deal tuh sebenernya udah slang, loh. Tapi kalo mau lebih nge-slang lagi, tinggal plesetin aja jadi no biggie.

Hang out

Hang out bisa diartiin jalan-jalan, atau main bareng temen. Penggunaan “hang out” cukup luas, buat segala aktivitas non-formal di mana kita ngabisin waktu bareng temen-temen kita. Contohnya, “Hey, dude. Let’s hang out.” (Hey, bro. Ayo hang-out)

I’m in

I’m in artinya “ikutan”. Misalnya waktu temen-temen kita pada rencana mau hiking dan kita mau ikutan, bilang aja “I’m in” buat join. Atau waktu lagi rapat membahas sebuah ide kegiatan dan kita setuju sama ide itu, kita juga bisa bilang “I’m in” buat nunjukin kalo kita mau gabung buat mewujudkan kegiatan tersebut.

I’m down

I’m down artinya sama kek I’m in, tapi rada lebih multifungsi. Kadang “down” di sini bisa berarti galau, tapi juga bisa berarti “ikut”. Jadi biar nggak ambigu, kita musti pakai ekspresi ini dengan diikuti keterangan yang lebih jelas. Misalnya, “I’m down for a badminton match” (Aku ikutan tanding badminton) atau “She’s a little bit down after breaking up” (Dia rada galau abis putus).

Babe

Artinya “pacar” ya, bukan bokap. Babe ini panggilan romantis buat pasangan, yang berarti “sayang”. Contohnya, “Babe, I miss you so much.” (Sayang, aku kangen banget ma kamu)

Ex

Ex artinya mantan. Bisa mantan pacar, mantan suami, mantan bos, mantan pegawai, mantan rekan kerja, dan lain sebagainya. Penggunaannya cukup dipakai sebelum kata benda, misalnya “My ex-boyfriend” (mantan cowokku) atau “She is my ex-employer in the previous job.” (Dia adalah mantan atasanku di pekerjaan sebelumnya)

Hot

Hot biasanya diucapin buat ngasih pujian ke lawan jenis. Misalnya “He’s hot” (dia hot) atau “She’s so hot” (dia hot banget). Artinya bisa sexi, menarik, atau memikat.

Chick

Chick artinya cewek. Kata slang ini biasa dipakai untuk membicarakan lawan jenis. Misalnya, “That chick is hot” (cewek itu hot). Tapi waktu dipakai buat manggil cewek secara langsung, kesannya jadi rada kurang sopan. Misalnya, “Hey, chick! What’re you doin’ there?” (Hey, cewek! Ngapain di situ?) Jadi daripada nggak sopan, amannya kita pakai kata ini buat ngegosipin orang doang.

Chicken

Kalo di kamus, artinya memang ayam. Tapi chicken juga bisa dipakai sebagai kata slang, yang artinya pengecut atau kabur. Contohnya, “Don’t be a chicken! It wouldn’t hurt.” (Jangan pengecut! Ga bakal sakit) atau “He’s chicken out after watching a horror movie.” (Dia kabur abis nonton film horor)

Lad / Dude

Lad bukan bentuk slang dari kata “Lady” (wanita). Lad artinya cowok atau pria muda, dan bisa juga dipakai sebagai panggilan. Contohnya, “Come on, lad! Let’s get going.” (Ayo, bro! Kita lanjut) atau “That lad is an expert.” (Cowok itu seorang ahli). Dude punya arti dan penggunaan yang sama. Misalnya, “Dude, that suit is awesome.” (Bro, setelan itu mantep banget)

Whiz

Whiz adalah ungkapan slang yang artinya jago banget, pinter banget, ahli, atau sangat berbakat. Misalnya, “He’s a whiz in English.” (Dia pinter banget Bahasa Inggris)

Have a crush

Have a crush artinya “naksir”. Bilang “I love you” tuh kesannya terlalu serius, kek orang yang udah merid. Bilang “I like you” atau “I like her” udah nggak jaman, dan maknanya bisa “suka” yang bersifat terlalu umum. Mending bilang “I have a crush on him” (aku naksir dia), biar kedengeran keren dan maknanya lebih spesifik.

Dump

Dump artinya mutusin atau diputusin pacar. Bisa juga berlaku buat gebetan atau temen kencan. Dump lebih tepat diartikan “mencampakkan” seseorang yang punya hubungan asmara. Contoh penggunaannya dalam kalimat misalnya, “I dumped him” (aku mutusin dia), “She dumps me” (dia mutusin aku), atau “He was dumped” (dia diputusin).

Lame

Lame artinya payah atau nggak keren. Kata ini bisa ditujukan buat orang dan benda. Contohnya, “He is too lame” (dia terlalu payah) atau “Don’t be so lame!” (jangan letoy, lah!) atau “The movie is lame.” (film itu nggak keren).

Cheesy

Cheesy bisa berarti konyol, tidak menyenangkan, atau tidak berkualitas. Kata ini cuma bisa ditujukan buat benda. Contohnya, “It’s a cheesy hotel” (ini hotel yang nggak berkualitas) atau “The movie was so cheesy” (film itu jelek banget).

Buck

Buck berarti satu dolar. Daripada bilang “one dollar”, kebanyakan orang lebih terbiasa bilang “one bug”. Ini juga berlaku buat jumlah nominal yang lebih besar, misalnya “five bucks” atau “twenty bucks”.

Nah itu dia beberapa kata-kata dan frasa slang dalam bahasa Inggris. Kami juga punya blog tentang idiom-idiom dalam bahasa Inggris, silakan pelajari di sini ya.

About JB English

JB English adalah lembaga kursus bahasa Inggris profesional yang berlokasi di Bali Indonesia. Guru-guru kami sudah berpengalaman dan berkualifikasi untuk mengajar bahasa Inggris. Beberapa dari mereka sempat mengenyam pendidikan di luar negeri dan mengajar di sekolah internasional di Bali. Tertarik belajar dengan kami? Kontak via WhatsApp +6287 806 000 552

By JB English

JB English adalah lembaga kursus bahasa Inggris profesional yang berlokasi di Bali Indonesia. Guru-guru kami sudah berpengalaman dan berkualifikasi untuk mengajar bahasa Inggris. Beberapa dari mereka sempat mengenyam pendidikan di luar negeri dan mengajar di sekolah internasional di Bali. Tertarik belajar dengan kami? Kontak via WhatsApp +6287 806 000 552